Berapa Kuota Data Internet Menggunakan ZOOM Untuk Kelas Daring?


JURNALGURU21 - Hari ini, Senin 6 Maret 2020, saya baru saja selesai melakukan video conference (vidcon) untuk kelas daring (online) dengan para siswa menggunakan aplikasi ZOOM. Ini adalah pengalaman pertama melakukan kegiatan tersebut, karena biasanya saya hanya menggunakan video call 1-on-1 untuk mengajar daring, itupun menggunakan Skype. Pertimbangan menggunakan ZOOM ini karena setelah membaca berbagai referensi, sampai bertanya juga di Quora, kesimpulan saya adalah aplikasi inilah yang sepertinya paling enak buat dicoba.

Selain melakukan kegiatan vidcon, saya juga mencoba menghitung berapa kuota internet yang dihabiskan selama menggunakan aplikasi ZOOM ini. Karena asumsi saya pasti akan relatif memakan banyak kuota. Hal tersebut menjadi pertimbangan, karena belum semua siswa/guru memasang internet unlimited di rumahnya macam Indihome, Biznet, dll. Mayoritas masih mengandalkan paket kuota mingguan/bulanan, bahkan harian, dari provider kartu GSM.

Baiklah langsung saja ke hasil laporannya berikut ini:

Statistik Pelaksanaan Video Conference Kelas Daring Menggunakan Aplikasi ZOOM 


Teknis: Full video audio (📽️ On 🎙On  🔊On)
Kelas: X Keperawatan A
Peserta: 10 orang (1 guru + 9 siswa)
Durasi: 60 menit ( 1 jam)
Penggunaan Data
  1. Saya = 355 MB
  2. Siswa 1 = 212 MB
  3. Siswa 2 = 315 MB
  4. Siswa 3 = 339 MB
Saya bulatkan menjadi 300MB/jam atau 5MB/menit. 

Jadi, untuk pelaksanaan vidcon menggunakan ZOOM selama 60 menit, kuota internet yang habis terpakai sekitar 300 MB.

Memang relatif boros sekali jika tidak menggunakan wifi, apalagi itu hitungan untuk 1 pertemuan 1 mapel. Kebayang jika siswa harus selalu vidcon dengan semua guru mapel dalam satu hari, bisa jebol kuota internet mereka pada hari itu juga. 😁 

Di postingan selanjutnya saya akan coba bahas beberapa rekomendasi atau tips pelaksanaan vidcon untuk kelas daring menggunakan aplikasi ZOOM ini. Terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan terkait hal ini, silahkan ditanyakan di kolom komentar di bawah.

Posting Komentar

0 Komentar